Pernah Nggak Sih, Memperhatikan Perilaku Berbahasa Teman-Teman di Sekitar Kalian?

https://beritabojonegoro.com/read/15274-berbicara.html

 




    Dalam berinteraksi sehari-hari, setiap orang memiliki perilaku berbahasa yang berbeda. Perilaku berbahasa maksudnya adalah sikap seseorang dalam memilih suatu bahasa. Pilihan itu dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya pergaulan. Biasanya perilaku berbahasa seseorang terpengaruh dari lingkungan pergaulan. Misal, seseorang yang bergaul dengan orang yang berbahasa Indonesia, maka ia juga akan berbicara dengan bahasa Indonesia. Begitupun dengan seseorang yang bergaul dengan orang yang terbiasa berbahasa daerah, maka ia akan berbahasa daerah dengan teman-teman sepergaulannya. Di artikel ini, saya akan membahas tentang perilaku berbahasa teman-teman di sekitar saya. 


Perilaku Berbahasa Teman-Temanku


    Teman-teman saya berasal dari berbagai daerah, sebagian besar berasal dari Sumatera Barat. Bagi yang mengerti bahasa minang, maka mereka menuturkannya sehari-hari. Alasan kenapa bahasa minang dipilih adalah karena pengaruh daerah asal, juga karena bahasa minang adalah bahasa yang sudah akrab di telinga sejak masih kecil sehingga membuat mereka merasa lebih nyaman dalam berkomunikasi.

     Jika saya perhatikan, teman-teman di jurusan saya yang berbahasa minang sekitar 70%. Sedangkan teman-teman dekat saya hampir semuanya menuturkan bahasa minang, kecuali salah satu teman yang berasal dari luar Sumatera Barat. Meskipun ia sudah terbiasa dan mengerti bahasa minang, namun ia belum menggunakannya dengan fasih seperti kami.

    Teman-teman yang berbahasa minang sehari-hari, bukan berarti tidak menggunakan bahasa lain. Mereka juga menggunakan bahasa Indonesia dan terkadang bahasa Inggris saat berkomunikasi. Teman-teman dekat saya hanya menggunakan bahasa minang di sekitar orang-orang yang bisa diajak berbahasa minang dengan nyaman. Sedangkan untuk orang lain, mereka akan menyesuaikan diri tergantung kebiasaan berbahasa orang tersebut, baik itu bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan lain-lain.

    Dari hasil pengamatan saya, dapat disimpulkan bahwa perilaku berbahasa teman saya adalah multilingual. Mereka tidak hanya menggunakan satu bahasa dalam berkomunikasi, namun dua bahasa atau lebih. Penggunaan bahasa pun disesuaikan dengan situasi dan lawan bicara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hujan Lebat, Gedung Kuliah UNAND Banjir

Ulasan Novel "My Sister's Keeper" Karya Jodi Picoult